All about technology

BTemplates.com

Business

sitesensei. Powered by Blogger.

Wikipedia

Search results

Looped Slider

Social

Ads Inside Post

Featured post

Cara memasang musik di blog

Tutorial di bawah ini sangat cocok untuk anda yang ingin beda blog nya dari yang lain , mari di simak dan ikuti langkah langkahnya no b...

Total Pageviews

Find Us On Facebook

Subscribe Here

Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Gallery

Random Posts

Pages

Social Share

Flickr

Sponsor

Recent comments

Footer Widget 3

Footer Widget 1

Sample Text

Author

My photo
saya adalah saya bukan dia dan juga mereka

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Followers

Technology

Footer Widget 2

Translate

Advertisement

Breaking News

Events

Gagdet

Recent

Recent Comments

Gallery

Sports

Popular Posts

Popular Posts

05 October 2016

Pemilihan lokasi pusat data



pernahkah anda membayangakan jika proyek anda musnah begitu saja hanya karena hal hal spele , nah baik semoga itu tidak akan terjadi ya kawan , saya akan jelaskan sedikit bagaimana pentingnya dalam pemilihan sebuah lokasi , entah itu proyek apapun , tapi kali ini saya akan menjelaskan tentang yang namanya pusat data silahkan baca dan resapi no baper no waper no wonder wkwk...!

Pusat Data harus lebih baik dan  mengikuti perkembangan jaman. Kebutuhan terhadap      scalability, flexibility, dan high availability dapat disimpulkan sebagai berikut :
       Scalability
Pusat Data harus mendukung proses pengolahan data dengan cepat dan perkembangan teknologi tanpa perubahan yang drastis.
       Flexibility
Pusat Data harus mendukung layanan terbaru tanpa mengubah infrastruktur jaringan.
       High availability
Pusat Data tidak bersifat single point of failure dan mampu memprediksi uptime jika terjadi kegagalan perangkat keras.


Pemilihan lokasi pusat data 

Fungsi pusat data dalam perkembangan teknologi terutama yang ada kaitannya dengan teknologi dunia cyber atau internet maupun komunikasi yang menggunakan perangkat lunak pendukung guna mempermudah proses pengoperasian maupun penggunaannya.

Khusus untuk pusat data tentunya dibutuhkan tempat dan ruang yang cukup luas sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas yang akan digunakan. Pemilihan tempat untuk pusat data tidak bisa sembarangan, minimal harus sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan tertentu, beserta syarat-syarat yang harus dipenuhi. Standardisasi dalam menyiapkan tempat untuk pusat data

       Perhatikan suhu ruang pada tempat penyimpanan perangkat pusat data. Dalam hal ini biasanya ruangan tersebut akan dijaga pada suhu tertentu, agar bisa menjaga keseimbangan kinerja perangkat keras dan perangkat lunak sehingga tidak mengeluarkan suhu panas akibat penggunaan dalam jangka waktu yang cukup lama.

       Lakukan pengontrolan maupun pengecekan secara berkala pada setiap perangkat yang ada, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam hal ini ada baiknya jika dari semua perangkat yang ada mempunyai backup yang bisa disiapkan jika ada kehilangan atau penghapusan data dan sebagainya secara tidak sengaja.


       Yang tidak kalah penting adalah pemilihan lokasi atau daerah yang letaknya harus berada pada Geografis yang aman, atau bukan pada titik gempa dan sejenisnya. sehingga keamanan dan segala antisipasi yang ada bisa disesuaikan serta dimaksimalkan. Setidaknya hal tersebut bisa meminimalisasi dari segala kerusakan dan kehancuran pada sistem yang sedang berjalan, maupun untuk perangkat hardware dan software yang digunakan oleh pusat data center indonesia.

0 komentar:

Post a Comment