All about technology

BTemplates.com

Business

sitesensei. Powered by Blogger.

Wikipedia

Search results

Looped Slider

Social

Ads Inside Post

Featured post

Cara memasang musik di blog

Tutorial di bawah ini sangat cocok untuk anda yang ingin beda blog nya dari yang lain , mari di simak dan ikuti langkah langkahnya no b...

Total Pageviews

Find Us On Facebook

Subscribe Here

Navigation-Menus (Do Not Edit Here!)

Gallery

Random Posts

Pages

Social Share

Flickr

Sponsor

Recent comments

Footer Widget 3

Footer Widget 1

Sample Text

Author

My photo
saya adalah saya bukan dia dan juga mereka

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Followers

Technology

Footer Widget 2

Translate

Advertisement

Breaking News

Events

Gagdet

Recent

Recent Comments

Gallery

Sports

Popular Posts

Popular Posts

02 October 2016

Ancaman malware bagi negara indonesia






Metro tv news.com, Jakarta: Meski tidak terlihat secara langsung, ancaman malware ternyata semakin berkembang di Indonesia.Perusahaan keamanan digital Kaspersky Lab mengatakan bila setidaknya terdapat lebih dari 20 juta kali serangan malware pada pengguna Kaspersky di Indonesia. Angka tersebut tergolong tinggi dengan 51,7 persen pengguna Kaspersky terkena serangan malware sepanjang tahun 2015.

"Indonesia kini berada di peringkat ke-33 di dunia untuk seranganmalware. Indonesia memang tergolong lebih aman jika dibandingkan dengan Amerika Serikat, Rusia, dan Tiongkok, namun kita tetap harus waspada karena tingkat ancaman semakin naik setiap tahunnya," ujar Chief Security Expert, Kaspersky Lab, Alexander Gostev, saat melakukan presentasi keamanan digital di Indonesia hari ini, Selasa (6/9/2016).

Gostev juga memaparkan bila ancaman keamanan digital terus meningkat. Beberapa yang menjadi incaran para penjahan digital saat ini adalah perusahaan, rumah sakit, industri, dan perbankan.Di perusahaan dan rumah sakit, para penjahat digital biasanya menggunakan ransomware untuk mendapatkan uang. Ransomware memanfaatkan malware khusus yang dirancang untuk mengunci semua data korban dengan enkripsi, lalu sang penjahat meminta uang tebusan agar data bisa dapat dikembalikan ke kondisi semula. Sementara di level industri, para penjahan digital biasanya memanfaat kan malware untuk mengendalikan sistem komputer internal.

Malware tersebut di distribusikan dengan cara yang sangat cerdik, yaitu mulai dari melalui email palsu, hingga USB drive yang sengaja dijatuhkan di dekat lokasi incaran dengan dengan tujuan bisa ditemukan oleh karyawan dan digunakan di komputer yang terhubung dengan jaringan internal perusahaan.Di lini perbankan, tren yang sedang berkembang adalah pencurian dana melalui ATM. Berbeda dengan dua teknik sebelum nya yang biasanya mengandal kan social engineering, pencurian dana melalui ATM dilakukan secara langsung oleh para penjahat digital dengan menggunakan kartu ATM khusus yang telah dimodifikasi. Setelah memastikan ATM tidak terhubung ke jaringan pusat, mereka bisa menguras uang di ATM tersebut.Gostev mengatakan bila semua kejadian tersebut sedang marak dan tengah terjadi saat ini.

Maraknya kejahatan digital juga tidak lain adlaah karena semakin banyaknya hacker yang menjual program dan fasilitas khusus kepada orang lain untuk melakukan tindakan kriminal digital. Program dan fasilitas tersebut dijual di pasar gelap (biasanya melaluideep web) dan transaksinya menggunakan BitCoin yang sulit dilacak."Saat ini Anda bisa menemukan paket program dan fasilitas untuk melakukan tindakan kriminal digital dengan sangat mudah.

Harganya berada di kisaran USD5.000, namun penjualnya menjanjikan keuntungan hingga USD25.000 sehari," lanjut Gostev.Lalu bagaimana caranya melindungi diri dari serangan tersebut. Untuk perusahaan jelas harus menggunakan solusi keamanan digital yang mumpuni. Sementara untuk individu dan pribadi, cukup gunakan software keamanan digital di berbagai perangkat, terutama perangkat mobile.Gostev mengatakan bila kebanyakan pembobolan data berasal dari peragkat mobile, sehingga mengamankan perangkat mobile adalah cara yang paling tepat. Tentu saja software keamanan yang digunakan harus yang orisinil.(MMI)

Fakta-fakta Unik Seputar Dunia IT


Inilah Fakta-fakta Unik dan menarik Seputar Dunia IT-Dewasa ini perkembangan teknologi semakin hari semakin canggih dan menggila,Tapi tahukah Anda di balik semua itu ternyata tersimpan sejumlah fakta unik dalam bidang IT? Penasaran? Yuk langsung ke TEKAPE.

ASAL USUL APPLE
Di Logo Apple Gambar buah apel yang tergigit menjadi logo Apple yang begitu populer saat ini. Awalnya, perusahaan Steve Jobs tersebut menggunakan logo bergambar Isaac Newton yang sedang duduk di bawah pohon apel. Logo yang didesain Ronald Wayne ini dibuat tahun 1976.Logo itu kemudian diubah Rob Janoff menjadi buah apel berpelangi yang digunakan dari tahun 1976-1998. Selanjutnya logo yang digunakan hingga saat ini adalah buah apel tergigit. Konon, gigitan apel tersebut terinspirasi dari Alan Turning, bapak komputer modern yang mengakhiri hidup dengan memakan apel yang mengandung sianida.

DIRECTX
Ide Sederhana Microsoft Sebelum adanya DirectX, programer-programer game membuat sendiri alur antara device dengan software. Arsitektur PC sebelum Windows ini memang sangat rumit. Namun Microsoft membuat ide sederhana yakni membuat utility yang memudahkan programer ‘berbicara’ secara langsung kepada hardware. Ide ini mulai diperkenalkan tahun 1995 dan akhirnya menjadi standar pengembangan multimedia pada platfrom Windows dengan diberi nama DirectX.

GOOGLE LARRY
Tahukah Anda Kantor Pertama Google Larry Page dan Sergey Brin adalah dua tokoh utama di balik kesuksesan Google. Sebelum meraksasa seperti sekarang atau saat mereka berusia 18 tahun, pondasi bisnis Google dibangun dari sebuah garasi yang juga merangkap sebagai kantor.

WWW
Pencipta WWW Tim Berners Lee adalah sang penemu konsep World Wide Web (www) pertama kali pada tahun 1991. Hingga kini ia adalah orang yang sangat rendah hati.Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempaten kan nya sehingga masih dapat digunakan secara bebas. Cobalah anda beripikir seandainya ia dulu mematenkan konsep www tersebut, barang kali internet tak akan seperti sekarang.

SEJARAH KOMPUTER
PC Pertama IBM Personal Computer (PC) adalah konsep komputer untuk pengguna perorangan yang diwujudkan oleh IBM pada 1981. Model pertama IBM PC adalah 5150 yang berbasis prosesor Intel 8088 dan sistem operasi Microsoft DOS. Namun mulai 1983, IBM PC mulai tergeser dengan adanya ‘kloning’ pertama yang ditelurkan Compaq.

TROJAN HORSE
Pencetus Istilah Trojan Horse Adalah Daniel Edwards dari National Security Agency (NSA) yang diakui mencetuskan istilah Trojan Horse untuk program jahat yang menyelinap dalam komputer korban. Inspirasinya tentu dari Kuda Troya yang digunakan bangsa Yunani untuk mengalahkan bangsa Troya dan mengambil alih kota Troya.

MOUSE
Mouse 2 Tombol Pertama DikenalkanMicrosoft pertama kali mengenalkan mouse 2-tombol pada 2 Mei 1983. Namun sukses baru diraup produk yang dirancang untuk Microsoft Word itu pada tahun 1985. Meski dipopulerkan oleh Microsoft, Xerox bisa jadi adalah pihak pertama yang menelurkan mouse 2 tombol ke pasaran pada 1970-an.

BILL GATES MUDA
Aksi ‘Hacking’ Bill Gates Muda Sewaktu muda Gates dikenal gemar mengotak-atik sistem komputer. Termasuk, bersama tiga rekannya, untuk mendapatkan akses gratisan. Namun yang paling unik, saat diminta membuat program penjadwalan di sekolah ia mengatur agar dirinya selalu ditempatkan dalam kelas yang banyak siswa wanita.

CBBS
Badai Salju Lahirkan Forum Online Pertama Cikal bakal forum online adalah Computerized Bulletin Board System (CBBS). Program ini digarap oleh Ward Cristensen yang terjebak di rumah nya saat Chicago dilandai badai salju besar tahun 1978. Badai tersebut memberikan waktu bagi Christensen untuk fokus menggarap CBBS selama dua minggu.

WEB SERVER PERTAMA DI DUNIA
Dimana Web server Pertama Dunia Web server pertama di dunia adalah komputer NeXT yang digunakan oleh Tim Berners-Lee. Kini komputer itu dipamerkan dalam sebuah lemari kaca di CERN, Jenewa, Swiss. Aplikasi Spread sheet Pertama Aplikasi spread sheet (seperti Microsoft Excel) komersial pertama di dunia adalah VisiCalc. Program ini dikembangkan oleh Ed Frankston dan Dan Bricklin untuk digunakan pada komputer Apple II di tahun 1979. ‘Peniru’ yang muncul kemudian termasuk SuperCalc, Microsoft MultiPlan dan Lotus 1-2-3.Asal Muasal Nama Malware Storm Keluarga program jahat Storm memperoleh namanya dari video bertajuk ‘Storm Video’ yang berisi pemantauan tim F-Secure terhadap penyebarannya. Video itu dilihat 880.000 kali lebih.


LAPTOP PERTAMA DI DUNIA
Meski tak sepopuler Osborne 1, GRiD Compass 1100 (1982) kerap disebut sebagai laptop pertama. Saat itu, pengguna yang mampu membeli hanya NASA dan Angkatan Bersenjata AS.

VIDEO GAME
Pemabuk Awali Revolusi Video Game Para tukang minum minuman ber alkohol bisa jadi adalah kelompok yang mengawali revolusi video game. Pasalnya game legendaris Pong pertama kali dipasang pada kedai minum Andy Capp’s di California.

PEGAWAI PERTAMA APPLE
IncInsinyur komputer Daniel Kottke adalah pegawai pertama Apple Inc. Sahabat Steve Jobs ini dikenal sebagai yang membangun dan menguji Apple I bersama Steve Wozniak.

SUARA STARTUP WINDOWS 95 
Suara yang muncul saat Windows 95 dimulai komposisinya dibuat oleh musisi Brian Eno. Ironis nya, mengingat Eno adalah pengguna Macintosh, bisa jadi ia membuatnya di komputer Mac.

KOTAK KOIN
Kotak Koin pada Game Arcade Pertama Game arcade pertama di dunia adalah Computer Space hasil rancangan Nolan Bushnell. Mesin game itu menggunakan kaleng pengencer cat (thinner) untuk menyimpan koin yang dimasukkan pemain.

KORAN ONLINE PERTAMA
Koran Pertama yang Online Koran cetak pertama yang bisa dibaca online adalah Columbus Dispatch. Hal ini terjadi lewat sebuah eksperimen bersama Associated Press dan CompuServe pada 1 Juli 1980. Bagaimana menyebut @ Orang Indonesia menyebutnya ‘et’ atau ‘a keong’. Di Cina namanya ‘tikus kecil’. Di Swedia dan Denmark namanya ‘belalai gajah’. Di Jerman ’spider monkey’. Di Italia ‘keong’. Orang Israel menyebutnya ’strudel’


JUMLAH KOLOM DAN BARIS
Microsoft Excel Tau gak sih, ternyata jumlah kolom pada Microsoft Excel berjumlah 256, yang dimulai dari abjad A hingga IV. Sedangkan jumlah barisnya mencapai 65.536 baris.


INSTANT MESSAGING
Cikal-bakal layanan instant messaging Cikal-bakal layanan instant messaging adalah layanan bernama ‘talk’ pada Unix. Meski bukan yang pertama, layanan itu populer di kalangan akademisi era 1980-1990?an.

CD Pertama yang Dicetak untuk Dijual
Cakram Digital (CD) pertama yang dicetak (pressed) secara massal untuk dijual di Amerika Serikat adalah ‘Born In The U.S.A’, album musik kondang karya Bruce Springsteen.

IKON SAVE
Ikon Save dalam Aplikasi Microsoft Word Terbalik Ikon Save, untuk menyimpan file, dalam aplikasi Microsoft Word merupakan gambar sebuah disket. Namun dibandingkan disket sungguhan, gambar itu ternyata terbalik posisinya.

FOLDER TERLARANG
Folder ‘Terlarang’ di Sistem Operasi Windows Di sistem operasi Microsoft Windows, pengguna tak akan pernah bisa membuat folder ataupun file dengan nama Con. Ini berlaku untuk semua jenis file. Apa sebabnya?  Nama tersebut konon ‘dikunci’ oleh Windows sebagai nama sebuah device.


PEMBUAT FLASH DRIVE PERTAMA
Tahukah Anda bahwa Flash Drive pertama kali dibuat oleh IBM? Tahun 1998 IBM merancang produk tersebut sebagai pengganti floppy drive pada notebook ThinkPad-nya. Meskipun demikian, IBM memilih tak mematenkan karya tersebut.

HARDISK PERTAMA
Tahukah Anda Spesifikasi Hardisk Pertama Hardisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1952. Terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter), kecepatan rotasinya mencapai 1200 rpm dengan kapasitas penyimpanan 5 MB. Hardisk jaman sekarang ada yang selebar 0,6 cm dengan kapasitas 400 GB.


ASAL USUL LAMBANG @
Tahukah Asal-usul Lambang @ di E-mail Kehadiran e-mail atau surat elektronik memudahkan pekerjaan kita, terutama untuk mengirim file-file secara cepat. Dalam alamat e-mail, kita menggunakan lambang @ atau yang sering dibaca at. Namun, tahukah Anda asal-usul lambang yang begitu sederhana tapi penting itu? Di tahun 1972, seorang insinyur pendiam bernama Ray Tomlison sukses mengirimkan e-mail pertama antara dua mesin. Waktu itu ia memilih menggunakan lambang @. Alasannya ternyata sederhana, karena menurutnya lambang itu lumayan membantu sebab mirip huruf a untuk address atau alamat lembaga pemilik e-mail yang dituju. Dari sinilah lambang @ terus dipakai hingga sekarang.


MITOS DI BALIK MASKOT
Linux Tahukah anda nama pinguin lucu menggemaskan yang menjadi maskot Linux?  Ya namanya adalah Tux. Tux ini konon berasal dari kata Torvald + Unix = Tux. Linus Torvald sendiri adalah sang perintis pengembangan Kernel Linux. Penamaan ini mirip dengan penamaan Linux yang merupakan gabungan dari Linus + Unix.Ada sebuah kisah, yang entah benar atau tidak, tentang mengapa sesosok pinguin yang dijadikan Torvalds sebagai logo Linux. Konon pada suatu hari Torvalds pernah dipatuk oleh seekor pinguin saat berjalan-jalan di taman Perth.Setelah dipatuk, ia pun menjadi demam selama berhari-hari. Kemudian ia berpikir bahwa pinguin ini cocok digunakan sebagai logo Linux.Dengan badan pinguin yang gemuk, tersenyum, lucu, menggemaskan dan digambarkan sedang beristirahat, akhirnya Tux dipilih sebagai maskot Linux. Tux yang digunakan secara ‘resmi’ adalah buatan Larry Ewing.

PROSSESOR
Nama Kode Prosesor dan ICIntel gemar menggunakan nama geografis, terutama sungai di Amerika Serikat bagian barat, untuk menyebut produknya yang masih dalam pengembangan misalnya Deschutes atau Willamette. Sedangkan AMD lebih memilih nama kota-kota seperti Manchester, Newcastle atau Brisbane

Leptop gamming monster








Jika ada orang bertanya "ADA TIDAK LEPTOP TERLEBAR TERCANGGIH UNTUK MAIN GAME" nih gw kasih preview nya ......

Acer x21 predator - laptop gaming monster ]
Kenapa saya sebut monster? Dengan ukuran layar 21 inchi dan berat 8 Kilogram!!! Sudah pasti yang pake ini buat dijinjing kemana-mana bukan manusia biasa. Harga?

 Acer belum buka suara Yang pasti muahalllll  Anyway speknya sebagai berikut :
Layar 21 in (2560 x 1080) curved IPS display, cocok buat wide angle displayBuilt in eye tracking hardware, bisa maenan game pake mata cing!
Processor generasi ke 7 intel Dual NVIDIA GeGorce GTX 1080 SLI lengkap dengan G-SYNC buat layar lengkung Sound Pound 4.2 ( 4 speaker + 2 subwoofer) 3 way audio dan dolby audio Advance cooling dengan 5 fan, 3 di antaranya menggunakan ulta-thin AeroBlade metal.





Sarjana TI malas ngoding , siapa yang di salahkan



Sebelum masuk ke inti tulisan. Harap di ingat bahwa penulis artikelini hitungannya sepuh. Saking sepuhnya sampai selevel dengan programer sepuh, dimana codingnya masih berorientasi pada fungsi dibandingkan objek. Kalau kata orang, jaman dimana programing masih basic, pascal dan cobol.


Yang paling parah dari model programing saya adalah pada metode melek ngoding.
Tidur ngoding.

Stress ngoding.

Malam minggu ngoding…

Bahkan sama istri mikirnya coding
pesan saya sebelum membaca.. hindari hidup saya sebagai tukang coding.

HIDUP CODING
Dalam dunia coding perlu di fahami bahwa yang pertama kali anda lakukan adalah menulis hello world. dan anak SMA juga bisa!! namun apakah itu saja yang pertama kali kita lakukan? tentu tidak.. yang kita lakukan berikutnya adalah membuat sebuah tulisan yang enak dibaca.
apabila kita menulis coding pertama kali.. berikut code yang kita buatecho “hello world”; tidak ada yang spesial dari tulisan itu.. sampai kita menulis lebih dari 1 baris.. dan disanalah kita menyadari bahwa coding yang kita buat tidak enak kita lihat..
namun sejalan dengan waktu kita akan menyadari bahwa itu adalah hal umum, saya tidak berfikir untuk membuat tab pada awal tulisan echo agar enak dilihat..
Tetapi yang dilakukan adalah menulis panjang layaknya kereta api.Tapi apa dikata, walaupun sebenarnya pusing.. kita tidak memutuskan memperbaiki tetapi malah lanjut. lanjut dengan segala kesulitannya!! bahkan akhirnya kerjaan programinng yang awalnyacoding jadi harus menjadi penelusuran code sendiri!!dalam menulis coding kita akan pusing dengan segala sintax .. sehingga kita pergi mencari hiburan berbeda! namun kembali lagi muncul rasa jenuh. yang lucunya buat sebagian kecil orang malah dipakai buat ngoding lagi.

CODING ADALAH SENI 
Coding bukan sekedar menulis.. adaseni.. dan seni ini lah yang tidak pernah atau akan di ajarkan di kampus. Kamu tidak sadar akan ada seni ini sampai kamu menyadari bahwa umur kamu sudah beranjak tua dan penglihatan kamu sudah memudar!! juga konsentrasi sudah mulai berkurang karena ada seseorang yang mendampingimu.

CODING DALAM KULIAH
Harus diterima sebuah fakta bahwa kuliah tidak memberikan anda pelajaran coding yang membuat anda menjadi pintar.
Tetapi membuat anda menjadi robot untuk membuat coding. Bagaimana tidak, anda di perkenalkan dengan
Konsep variabel
fungsi dan prosedur
logika kondisi dan lain-lain
tetapi anda tidak dikenalkan konsep bagaimana agar coding anda dapat dibaca .. karena di anggap anda yang nulis.. anda ngerti dengan coding anda.. dan referensi sudah jelas ada di internet. tidak perlu dibandingkan dengan jaman saya sewaktu muda..referensi jarang ada!! kegiatan coding dalam kuliah yang monoton membuat mahasiswa jenuh.. dan jenuhnya membuat mereka memutuskan mencari jalan terbaik untuk menyelesaikan masalah yaitu minta coding dari yang sudah faham. Kita tak bisa mengatakan bahwa semua orang/mahasiswa itu sama.. semua ada plus dan minusnya.. sementarasatu mahasiswa pintar coding, yang lain pintar mintain codingnya.

APA TUJUAN KULIAH
Ketika anda menjadi mahasiswa.. sadari lah bahwa ada kata‘Maha’.. itu lebih dari sekedar siswa. Anda harus berusaha sendiri, mencoba sendiri dan gagal sendiri!! tunggu yang sendiri itu salah!! mahasiswa jangan berfikir apa-apa sendiri, kerjasama ama antar mahasiswa.. sapa tau kerjasama dengan mahasiswi lalu bisa Pedekate dengan dia. dari pada pedekate ama PHP mulu..Dalam dunia kuliah yang namanya kerjasama jangan hanya kerjasama dengan mahasiswa 1 fakultas, coba kerjasama dengan mahasiswa fakultas lain. kerjasama ngak selalu dalam urusan pelajaran..urusan cinta dan cari penghasilan.. yap.. kuliah itu bertujuan membuat anda menjadi seorang yang lebih dari sekedar Siswa yang di suapi oleh dosen..Namun beda dengan teori dan praktek.. Saya juga mahasiswa masih suka disuapi dengan ilmu dari kuliah.. padahal ilmu itu tak melulu dari dosen.. kita bisa baca dari lainnya.. dimana penjelasan baca inilah yang jadi problem

TIDAK MAU MEMBACA
Mahasiswa tidak mau baca salah siapa? salah dari awal dia belajar. Dia belajar berat dari sekolah.. hidup yang dia alami adalah baca buku pelajaran, selain buku pelajaran di anggap dia ngak serius bahkan 100 kata kasar keluar menunjukkan bahwa dia sewaktu masih sekolah tidak akan berhasil dalam masa depan!! akhirnya dia trauma !ketika mahasiswa yang dibaca makin banyak dan banyak.. beban di dirinya jadi bertambah.. dan berhubungan dengan coding, salah satu metode adalah baca referensi yang mana berbahasa non-Indonesia. Untuk seorang mahasiswa yang lelah, dia automatis meminta agar referensi berbahasa Indonesia.

JALAN PINTAS
Dalam dunia kuliah. menentukan bahwa mahasiswa/i mampu dalam pelajaran adalah memberi tugas dan salah satunya membuat coding toko online seperti toko sebelah! dan cara yang ditempuh oleh para mahasiswa adalah membuat script toko onlinemencari script yang sudah jadi meminta script? saya tidak faham kenapa cara terakhir yang ditempuh? apakah malas? tetapi sampai kita melihat fakta .

TEKNOLOGI YANG LEBIH MUDAH
Saat anda berfikir teknologi menjadi mudah belakangan ini.. kita lupa kenapa teknologi jadi lebih mudah daripada tahun sebelumnya??? itu karena tahun sebelumnya ada orang/programer yang memutuskan memberikan metode yang mempermudah para juniornya agar tidak mengalami hal sesulit dirinya. Penjelasan maksudnya sulit akan dibahas nanti. Jaman kini bikin coding bisa cepat.. ada generatenya.. ada contoh script yang bisa dicontoh.. bahkan yang terburuk sudah siap pakai tinggal ganti nama dan siap pakai. Namun kembali lagi, tidak benar2 langsung A-B-C langsung jadi apa yang kita inginkan.. ada proses yang harus di jalankan seperti installasi CMS semua teknologi memang mempermudah.. tetapi tidak mudah apabila anda ngak punya ilmunya.. ilmunya rajin baca dan sabar.. karena installasi tidak langsung 1–2 menit jadi.. tapi 3 menit.. belum termasuk mengatur warna, nama dan tampilan.kemudahan ini memiliki sisi negatif yaitu kita meremehkan sistem yang sudah berjalan!! dan akhirnya menjatuhkan harga pasaran coding.. masalahna orang yang butuh tenaga kita membandingkan dengan toko sebelah.. iya khan!! lalu bagaimana dengan kampus …

LEVEL DALAM PEKERJAAN
inilah yang harus kita sadari.. dalam dunia kerja ada 3 tingkatan utama.. bagian strategi, bagian manajemen dan bagian pengerjaan. Bila anda menjadi coder, posisi anda ada di bawah!! apapun yang anda kerjakan sudah pasti di tekan sama yang atas.. apalagi dengan asumsi.. teknologi yang ada gampang.. kok koding aja susah sekali!! berada di level bawah inilah yang menyulitkan siapapun.. bahkan buat mahasiswa yang bisa coding sekalipun karena ditekan dengan alasan tidak produktif.. dan pola menekan ini sudah terlihat saat kuliah.. dimana mahasiswa diminta membuat code dengan penjelasan cara pengerjaannya yang sama sekali sulit di baca bahkan berkali-kali!?!

ILMU KAMPUS TIDAK UPDATE TEKNOLOGI
ketika kampus di LN berkutet pada teknologi dan metode baru.. kita (kampus Indonesia) mmasih berkutet pada teknologi lama.. makanya kita belajar VB.. untuk apa belajar VB (bukan NET) ? C++ non visual? tanpa alasan inilah membuat mahasiswa merasa coding adalah jalan hambatan untuk mereka lulus..Apalagi beberapa kampus melarang memakai teknologi seperti FW untuk membuat tugas akhir (kecuali kasusnya anda bukan mahasiswa komputer yang memakai teknologi sebagai alat bantu bukan yang dibahas dalam tugas akhir).. sehingga mahasiswa yang harus menghadapi coding terpaksa berputar-putar dan akhirnya menyerah.. karena kampus seolah membuat mahasiswa berada di jaman batu dan tidak menyiapkan untuk jaman modern.

TUJUAN KAMPUS
kampus sebenarnya tidak menyiapkan anda menjadi programer… tetapi sebagai pengguna teknologi.. disini teknologiyang anda akan gunakan tidak terbatas yang baru (walau saya akui kampus saya tidak memberikan tuntunan memakai teknolgi baru).. ada banyak tipe mahasiswa yang akan dihasilkan kampus mahasiswa yang menjalankan sistem mahasiswa yang menganalisa sistem mahasiswa yang memanfaat kan sistem atau bahasa lainnya yang menjalankan cms toko sebelah yang merencanakan bagaimana toko sebelah dibuatyang install komponen agar jadi toko sebelah tulisan ini tidak di sponsori oleh buka/toko apapun.. jadi namanya toko sebelah!!

BAGAIMANA FLOW CODING
mari langsung kepada point tulisan.. coding sebenarnya memiliki flow dari kita belajar hingga menjadi pekerjaan.. pada awal kita belajar memakai konsep
ATM = Amati Tiru Mengerjakan
(cmiiw) lalu kita melakukan proses mengerjakan dimana kita memakaikonsep
* pasang apa yang kita butuhkan
* rapikan apa yang menurut kita bisa lakukan pada tahap ini kita berfikir cepat saja..
tetapi sebenarnya cepat itu salah.. karena flow yang terbaik berikutnya adalah validasi parameter yang masuk dan keluar memastikan user yang menggunakan valid/tidak!pada awal coding matematika.. kitatentu sudah biasa menulis
A = B + C;
namun apabila kita berada di dunia kerja.. kita harus menghindari penulisan cepat seperti ini, karena bs saja isi dari B dan C bukanlah paramter yang kita inginkan … akhirnya kita harus membuat
B = isset(B)?(int)B:0;
C = isset(C)?(int)C:0;
A = B + C;
menambah validasi seperti di atas akan membuat banyak waktu.. dari saya pribadi memutuskan memakai cara itu untuk  validasi yang baik.. walau faktanya saya miss juga gara2 ada pemakaian kutip!! salah satu metode yang bisa digunakan adalah : membuat laporan error yang mengeluarkan error baik fatal error atau sekedar warning!!

KESIMPULAN
Mahasiswa tidak mau coding bukan karena masalah membaca saja. Tapi motivasi untuk mengcoding tidak ada!! kuliah tidak memberi motivasi, hanya menjadi batu sandungan saja.. dalam dunia kerja juga tidak ada karena biasanya ada stigma/anggapan bahwa coding itu gampang..bisa dikatakan motivasi adalah alasan kenapa mahasiswa tidak mau coding.. sumber motivasi darimana? disini lah anda harus menemukan.. karena tulisan ini tidak akan menyuapi anda dengan jawaban.. alasan lain jawaban bagi masing-masing orang berbeda!! Tentu saja.. saat kita berbicara tentang mahasiswa.. bahan kuliah mereka sudah berat.. seperti perancangan.. karena dasarnya mahasiswa bertujuan untuk menjadi level yang lebih tinggi dari yang melakukan ekseskusi..

Semoga menginspirasi dan bermanfaat

Pesan Pertama yang dikirimkan melalui interet



Tahukah anda 29 oktober 1969, sebuah group ilmuwan melakukan test ARPANET (cikal bakal internet sekarang) untuk bertukar informasi secara digital.

Waktu itu seorang mahasiswa programming bernama Charlie Kline duduk di sebuah komputer SDS sigma 7 di kamar 3420 UCLA Boelter Hall dan mengetikkan pesan/perintah di terminal (program berbasis teks/huruf bukan tampilan grafis seperti di windows/ios/osx/linux/android) yang akan di kirimkan ke komputer sejauh 645 Kilometer di Standford, yakni "LOGIN".Jam 9 malam waktu setempat, disaat dia sedang mengetik terjadilah problem.

Waktu itu dia mengetik"L" kemudian "O", tiba-tiba saja komputernya hang/crash.Kline kemudian me-reboot/restart komputernya.

Ketika selesai, Kline bisa melanjutkan lagi agendanya, mengetikkan LOGIN lancar tanpa ada halangan. waktu itu jam menunjukkan 22h30 (jam 10 lewat 30 menit malam)Jadi pesan pertama kali yang dikirim melalui internet adalah "LO", yang kemudian setelah kejadian ini diplesetkan menjadi LOL dan terkenal hingga sekarang.LOL (Laugh Out Loud - tertawa terbahak bahak).

Samsung Galaxy Note 7 Terlalu Berbahaya, Pengguna Dihimbau Segera Mengembalikannya



Mungkin insiden yang sedang hangat akhir-akhir ini adalah mengenai maraknya perangkat Samsung Galaxy Note 7 yang terbakar atau meledak. Sejauh ini Samsung Electronics telah mengklaim beberapa perangkat miliknya di Amerika Serikat dan Korea Selatan terbakar.

Hal ini termuat dalam laporan situsberita Korea Selatan, di mana raksasa tekonologi itu telah menghimbau bagi semua pengguna Samsung Galaxy Note 7 segera mengembalikan perangkat ke service center terdekat dan untuk mendapatkan smartphone sementara bagi pengguna.

 Hal ini dilakukan oleh perusahaan agar tidak semakin banyak kejadian terbakarnya smartphone. Sementara di Inggris, Samsung menawarkan pertukaran perangkat untuk pelanggan yang telah membeli Galaxy Note 7 dan akan mulai mengirimkan unit baru dari tanggal pembelian 19 Agustus.“Prioritas nomor satu kami adalah keselamatan pelanggan kami.

Kami meminta pengguna untuk mematikan perangkat Galaxy Note 7 mereka dan menukarkan perangkat tersebut sesegera mungkin, ” kata DJ Koh, Presiden Komunikasi Bisnis Mobile dari Samsung dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs resmi perusahaan. Belum jelas secara pasti apa penyebab banyaknya perangkat yang meledak.

Dari hasil investigasi semua kasus 24 di antaranya perangkat meledak secara spontan,dan hanya 0.1 persen kesalahan di temui pada baterai. Samsung telah memberlakukan recall untuk semuanegara, dan hanya China saja yangselamat dari recall ini karena Samsung menggunakan jenis baterai yang berbeda pada negara tersebut.


Memecahkan Rekor Kecepatan 1Tbps Yang Dicapai Lebih Dari 5G Koneksi Ponsel



Generasi baru biasanya membawa teknologi dasar yang baru, kapasitas jaringan yang lebih baik untuk lebih banyak data disetiap pengguna, dan layanan Internet dengan kecepatan tinggi. Penyedia layanan Internet biasanya beriklan, namun di yakini bahwa generasi kelima (5G Teknologi) dari jaringan selular benar-benar tidak bisa kita bayangkan.

1 Tbps lebih dari 5G

Peneliti keamanan dari Universitas Surrey baru saja mencapai memperoleh data Record-Breaking selama tes terbaru dari 5G koneksi data nirkabel.
Meraih gelar Salah satu terabit luar biasa per detik dengan(1Tbps) kecepatan– ribuan kali lebih cepat dari koneksi 4G yang ada.Setelah 4G, 5G adalah generasi berikutnya dari teknologi komunikasi selular yang bertujuan menawarkan kapasitas yang jauh lebih besar dan lebih cepat, lebih hemat energi dan lebih hemat biaya dari apa yang telah dilihat sebelumnya. Boffins mengatakan 5G akan berbeda – dan sangat berbeda.
Tes 5G dilakukan di universitas Inovasi Pusat 5G (5GIC), yang didirikan oleh sejumlah mitra industri telekomunikasi termasuk Huawei, Fujitsu, Samsung, Vodafone, EE, Aircom, BT, Telefonica, Aeroflex, BBC dan Rohde serta Schwarz.

Download 100 Film Hanya Dalam 3 Detik

1Tbps mempunyai kecepatan yang jauh lebih cepat dari yang sebelumnya yang diumumkan saat 5G tes – Samsung 7,5 gigabit per detik (Gbps) record, yang 30 kali lebih cepat dari 4G LTE (Long-Term Evolution) kecepatannya dan hanya kurang dari 1% dari kecepatan tim Surrey.
“Kami telah mengembangkan 10 lebih terobosan teknologi dan salah satu dari mereka dan itu berarti kita dapat melebihi 1Tbps nirkabel. Iniadalah kapasitas yang sama dengan serat optik, tapi kami melakukannya secara nirkabel,” kata direktur 5GIC Prof Rahim Tafazolli V3 di situs berita.
Dengan 1Tbps, sangat mungkin untuk men-download file 100 kali ukuran sebuah film hanya dalam tiga detik. kecepatan yang luar biasa ini adalah lebih dari 65.000kali lebih cepat dari kecepatan download 4G saat ini.

5GDiharapkan Untuk Roll Out di2020

Tes ini dilakukan lebih darijarak 100 meter menggunakan peralatan yang dibangun di universitas. Kepala 5GIC mengatakan bahwa ia berencana untuk mendemonstrasikan teknologi untuk publik pada tahun 2018.
Diyakini bahwa 5G mungkin bisa tersedia di Inggris pada tahun 2020.UK communications regulator Ofcom telah mendukung upaya untuk mendapatkan 5G ke publik.
Ofcom sebelumnya mengatakan pihaknya memperkira kan 5G seluler harus mampu memberikan kecepatan antara 10 dan 50Gbps, di bandingkan dengan kecepatan download rata-rata 4G dari 15 Megabits per detik (Mbps).
Menurut Prof Tafazolli, ada rintangan untuk diatasi sebelum 5G akan siap, ia berkata, “Sebuah aspek penting dari 5G adalah bagaimana hal itu akan mendukung aplikasi di masa depan.
Kami tidak tahu apa aplikasi akan digunakan pada tahun 2020, atau 2030 atau 2040 untuk itu, tapi kami tahu mereka akan sangat sensitif terhadap latency.”Ada kebutuhan untuk membawa “akhir–keakhirlatensi yang turun ke bawah satu milidetik” untuk memungkinkan teknologi terbaru dan aplikasi yang tidak akan mungkin dengan 4G. Tafazolli menyebutkan 3D game hologram catur pada smartphone, mengendalikan mobil terhubung lebih dari 5G dan aplikasi masa depan lainnya yang mungkin membutuhkan latency rendah.

5G– Batasan Baru Untuk Penyerangan Cyber

5G tidak akan diragukan lagi, menyediakan konektivitas internet dengan kecepatan yang tinggi akan benar-benar menjadi berita sangat besar untuk semua, tapi ituakan menjadi perbedaan bagi para penjahat cyber juga.
Di Masa Depan, dengan memanfaatkan teknologi 5G, akan sangat mudah bagi hacker dan penjahat cyber untuk mencatat hampir setiap situs web di Internet menggunakan serangan Distributed Denial of Service (DDoS).
Dalam Era kecepatan internet 50 Gbps diharapkan di rumah atau di sebuah kantor, tidak akan ada tempat untuk penjahat cyber untuk membuat infrastruktur kritis botnet dengan mengorbankan ratusan ribu perangkat, mereka hanya perlu beberapa perangkat dengan koneksi internet 5G untuk meluncurkan serangan terbesar mereka dengan DDoS dari sekitar 1 Tbps.
Untuk mengatasi masalah tersebut di masa depan, penyedia layanan Internet dengan kecepatan tinggi dan penyedia layanan komunikasi online harus setup monitoring real time,melaporkan, membatasi, dan mitigasi serta mekanisme perlindungan terhadap serangan DDoS dalam upaya untuk melindungi pengguna online.